JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN (Modul 2.1.)
Oleh:
M. Adlan Fahmi
CGP
Angkatan 7 - Kabupaten Jombang
Pada
awal modul 2 ini, saya merefleksikan hasil dari kegiatan yang saya ikuti di LMS
ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ini membahas
materi pada Modul 2.1 mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal refleksi
ini saya tulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan
pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan. Model refleksi yang
saya pakai adalah Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)
Di
dwi minggu ini saya akan coba merefleksi pembelajaran dan aktivitas
pembelajaran yang telah dilakukan di Learning Management System (LMS). Di
minggu ini ada beberapa aktivitas pembelajaran yaitu diawali dengan Test Awal
Paket Modul 2,dilanjutkan aktivitas pembelajaran di LMS dimulai dengan 2.1.a
.3. Mulai dari diri, 2.1.a.4. Eksplorasi konsep, 2.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi 1,
2.1.a.5.2. Ruang Kolaborasi 2 Google Meet; 2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul
2.1; 2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1).
1.
Facts (Peristiwa)
Aktivitas pertama
yaitu Test Awal Paket Modul 2,dilanjutkan aktivitas pembelajaran di LMS dimulai
dengan 2.1.a .3.Mulai dari diri, 2.1.a.4.Eksplorasi konsep, 2.1.a.5.1. Ruang
Kolaborasi 1, 2.1.a.5.2.mempresentasikan hasil kolaborasi pertemuan sebelumnya
tentang membuat RPP berdiferensiasi. Alhamdulillah, Pada kesempatan kali ini
kelompok saya kebagian presentasi ke-2 .Anggota kelompok kami yang terdiri dari
Bu Devie, saya sendiri, dan Pak Karyono. Syukurlah kami semua bisa hadir tepat
waktu. Kami mempresentasikan Analisis Praktik Baik Pembelajaran Berdiferensiasi
untuk jenjang SD. Banyak manfaat yang kami peroleh dari sesi ini. Saya jadi
mengetahui bagaimana contoh pembelajaran berdiferensiasi, sehingga dapat
mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik. Berikutnya, saya melakukan
Refleksi terbimbing. Kami diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pemantik
yang makin memperkuat kami meningkatkan pemahaman terkait pembelajaran
berdiferensiasi. Di aktivitas ini tidak ada hambatan yang dirasakan karena di
sesi ini bagaimana CGP menggali lebih dalam konsep pembelajaran
berdiferensiasi. Aktivitas berikutnya yaitu demonstrasi kontekstual. Di
aktivitas ini kami diminta membuat Rencana pembelajaran berdiferensiasi dan
mengevaluasi efektivitas RPP yang dibuat oleh sesama rekan CGP. Disini, saya
membuat RPP berdiferensiasi dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
ditinjau dari Profil Belajarnya.
2.
Feelings (Perasaan)
Saya bahagia,
antusias dan semangat mengikuti aktivitas pembelajaran di minggu ke-10. Di awal
pre test modul 2, alhamdulillah saya memperoleh nilai yang cukup baik, lumayan
jauh lebih baik daripada tes awal paket modul 1. Semoga untuk nilai post
testnya nanti mendapat nilai lebih baik lagi. Pada modul 2.1. ini, Saya belajar
menyusun RPP berdiferensiasi,belajar menyusun langka-langkah pembelajaran yang
menyelaraskan dengan karakteristik peserta didik. Ada gambaran tindak lanjut
seperti apa yang dapat diambil oleh saya sebagai bentuk tindakan yang
mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik.
3.
Findings
(Pembelajaran)
Informasi,
pengetahuan dan pengalaman baru akan diterima oleh saya sebagai calon guru
penggerak pemimpin pembelajaran. Salah satu aplikasi nyata bagaimana seorang
guru harus menghamba pada anak adalah mengintegrasikan pembelajaran
berdiferensiasi terhadap pelaksanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pembelajaran
yang mengakomodir seluruh kebutuhan peserta didik dari minat, kesiapan belajar
dan profil belajar peserta didik.
4.
Future (Penerapan)
Disini saya belajar
untuk lebih memperhatikan kemampuan siswa dalam memilih aktivitas belajar yang
sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki akan membantu menghindarkan siswa dari
pengalaman belajar yang kurang tepat , kurang menyenangkan dan kurang berpihak
pada murid. Selain itu, Saya coba untuk sharing kepada rekan sejawat tentang
pembelajaran berdiferensiasi dengan harapan kami semua menjadi lebih
memperhatikan minat dan profil belajar peserta didik dalam melaksanakan
aktivitas pembelajaran.

0 Response to "JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN (Modul 2.1.)"
Post a Comment