Jurnal Refleksi Modul 3.3 (Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa)
27 May 2023
Add Comment
Jurnal Refleksi Modul 3.3 (Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa)
Oleh: M. ADLAN FAHMI
CGP ANgkatan 7 Kab. Jombang
MODEL 4F (FACTS, FEELINGS, FINDINGS, FUTURE)
Jurnal refleksi adalah untuk menuangkan perasaan, gagasan dan pengalaman praktik baik yang telah dilakukan dengan memilih model refleksi Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future). Sebagai refleksi pembelajaran dan aktivitas yang telah dilakukan di Learning Management System (LMS). Minggu ini ada beberapa aktivitas pembelajaran yaitu diawali dengan mempelajari konsep modul 3.3 Modul Pengelolaan program yang berdampak positif pada murid mulai dari diri, Eksplorasi Konsep dilanjut kegiatan ruang kolaborasi, Pendampingan Individu 5, dan aksi nyata modul 2.3.
1.Facts (Peristiwa)
Modul 3.3 Pengelolaan program berdampak positif bagi siswa. Ini adalah paket modul terakhir untuk calon guru di Angkatan 7 Kabupaten Jombang melalui LMS. Kegiatan dimulai dari Mulai dari diri, di Ruang Kolaborasi 1 pada hari Senin tanggal 22 Mei 2023 dan di Ruang Kolaborasi 2 pada hari Selasa tanggal 23 Mei 2023. Kemudian dilanjutkan dengan Pendampingan Individu ke-5 dan Aksi Nyata Modul 2.3. Pada sesi mulai dari diri dan eksplorasi konsep, saya belajar banyak hal tentang bagaimana mengelola Program yang Berdampak Positif pada Murid. Kemudian, hal ini diperdalam pada sesi ruang kolaborasi 1 dan 2. Kemudian pada pekan ini saya juga melaksanakan pendampingan individu ke-5, yaitu pendalaman dan praktek supervisi akademik berbasis coaching mulai dari tahap pra observasi, observasi, dan pasca observasi. Hal ini juga sekaligus merupakan aksi nyata modul 2.3.
2.Feelings (Perasaan)
Perasaan saya saat mempelajari modul ini yaitu membahagiakan sekaligus menyedihkan. Membahagiakan meskipun banyak tugas yang harus dikerjakan, Alhamdulillah, dapat terselesaikan dengan tepat waktu. Jika pikiran diibaratkan sebuah gelas, berusaha saya kosongkan supaya saya bisa menerima ilmu yang saya pelajari dari PGP ini. Saya berupaya akan adanya perubahan sebagai guru sebelum dan sesudah mengikuti PGP karena tugas sebagai Guru Penggerak sangatlah luar biasa yaitu untuk mengimplementasikan Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. Adapun hal yang menyedihkan adalah vicon terakhir kami dengan Fasilitator kami yaitu Ibu Tetty yang selama kami menjalani program guru penggerak selalu sabar dan juga telaten membimbing kami dalam mengerjakan tugas-tugas di LMS. Meskipun kami belum pernah bertemu dengan beliaunya secara langsung, akan tetapi kedekatan beliau dengan kami, diibaratkan Ibu dengan anak.
3.Findings (Pembelajaran)
Modul 3.3 melengkapi pemahaman saya bahwa program yang dirancang dan dibuat harus memuat contents voice/suara, choice/pilihan dan ownership/kepemilikan murid. Membuat program yang berdampak pada siswa dilakukan melalui alokasi yang tepat dari sumber daya/peluang yang dimiliki oleh sekolah. Pemetaan aset yang benar memudahkan pengoptimalan program agar berjalan dengan lancar dan, tentu saja, membantu meminimalkan hambatan. Optimalisasi aset yang tepat tentu akan memudahkan terwujudnya visi dan misi sekolah. Modul ini juga akan menambah pengetahuan kita tentang CGP dalam mengelola program yang mempengaruhi siswa melalui strategi MELR (Monitoring, Evaluation, Learning and Reporting). Selain itu, kami juga diajarkan pentingnya analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dalam rencana program yang dibuat. Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) ini juga berguna untuk memitigasi risiko pelaksanaan program yang berdampak pada siswa di SDN Sambirejo 1. Modul pembelajaran 3.3 merupakan poin yang harus dimiliki oleh kepala sekolah agar lebih kreatif, inovatif dan sinergis untuk mengembangkan sumber daya yang ada di sekolah. Program yang dikelola dengan baik mempengaruhi kemandirian belajar dan tentunya menghasilkan siswa yang berprofil siswa pancasila.
4.Future (Penerapan)
Rencana ke depan dengan materi yang diperoleh sebagai CGP dibagikan dengan rekan kerja dan menerapkan apa yang saya pelajari di sekolah. Dalam penyusunan program yang direncanakan, tentunya perlu dicantumkan contents voice/suara, choice/pilihan dan ownership/kepemilikan murid. Saat menghadapi Purbalinggaa, CGP sudah tahu bagaimana meminimalkan risikonya.

0 Response to "Jurnal Refleksi Modul 3.3 (Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa)"
Post a Comment